You are here: HomeProgram StudiProgram Studi Doktor (S-3)Visi, Misi dan Tujuan S-3

LATAR BELAKANG

Disiplin ilmu teknik mesin sangat diperlukan untuk pembangunan, kemajuan, dan perkembangan bangsa. Selain berperan dalam pengolahan sumber daya alam dan atau produk setengah jadi menjadi produk yang mempunyai nilai ekonomi dan nilai guna lebih tinggi, disiplin ilmu tekni mesin juga berperan dalam ekplorasi sumber daya alam itu sendiri.  Disiplin ilmu teknik mesin sangat berperan dalam membantu pencapaian masterplan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia (MP3EI) baik untuk jangka menengah maupun jangka panjang. Teknik Mesin merupakan cabang ilmu yang tidak bisa ditinggalkan dalam menuju sistem inovasi nasional dan peningkatan daya saing bangsa untuk perkembangan bangsa.

Melihat hal tersebut, maka mulai tahun 2014 Jurusan Teknik Mesin mendapat mandat dari DIKTI untuk menyelenggarakan program studi Doktor Teknik Mesin dengan area penelitian pada:

  1. Teknologi Material
  2. Teknologi Perancangan dan Konstruksi 
  3. Teknologi Konversi Energi
  4. Teknologi Produksi
  5. Mekatronika dan Robotika

VISI, MISI & TUJUAN

VISI Program Doktor Teknik Mesin adalah

Bagi Institusi

1.   Menunjang visi dan misi UNDIP, dalam menuju Universitas Riset dan World Class University (WCU).
2.   Menjadi tambahan sumber dana bagi pengembangan institusi.
3.   Memperluas cakupan kerja sama UNDIP dengan lembaga lain atau industri yang berhubungan dengan bidang Teknik Mesin.

Bagi Pengembangan Ilmu

  1. Menghasilkan penelitian-penelitian dasar maupun terapan yang bermutu tinggi.
  2. Meningkatkan jumlah dan kualitas publikasi ilmiah.

Bagi Masyarakat

1.   Hasil penelitian dapat diterapkan untuk masyarakat dalam upaya peningkatan daya saing bangsa, membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
2.   Membuka kesempatan masyarakat berkonsultasi dalam bidang Teknik Mesin dan masalah-masalah industri.
3.   Menyediakan kesempatan bagi masyarakat (khususnya dosen) yang berminat melanjutkan pendidikan Doktor Teknik Mesin.

 

MISI Program Doktor Teknik Mesin adalah

1.   Menyelenggarakan pendidikan Teknik Mesin secara terstruktur untuk menghasilkan doktor yang mempunyai kompetensi dalam bidang ilmu dan keahlian Teknik Mesin, serta peka terhadap permasalahan umat manusia dan lingkungannya.
2.   Mengembangkan penelitian yang terfokus pada bidang ilmu dan keahlian Teknik Mesin untuk  kesejahteraan umat manusia.
3.   Mengembangkan kerjasama dalam ilmu dan keahlian Teknik Mesin dengan universitas lain, lembaga penelitian, dan dunia industri baik nasional maupun internasional.

 

Tujuan Program Doktor Teknik Mesin adalah

1.   Doktor Teknik Mesin yang mempunyai integritas keilmuan, martabat, dan kemandirian dalam mengembangkan ilmu dan  keahlian Teknik Mesin
2.   Publikasi internasional dan hak atas kekayaan intelektual yang terfokus pada ilmu dan keahlian Teknik Mesin yang senantiasa terjaga kemutakhirannya dengan mengedepankan sumber daya lokal.
3.   Teknologi inovatif dan aplikatif yang mampu memberi nilai tambah dan keuntungan ekonomi dengan mengedepankan budaya dan sumber daya lokal untuk kesejahteraan umat manusia.